logo blog

2014-09-11T14:19:00+07:00

Kumpulan Tips Aman Dalam Internet

Internet sudah jadi keperluan sehari-hari di jaman modern saat ini. Kehadiran perangkat smartphone dan tablet membuat pemakai internet makin bertambah setiap tahunnya. tetapi banyak yang tidak mengerti atau belum tahu bahwa sesungguhnya banyak kejahatan datang dari dunia maya ini. mereka yang tidak memahami inilah yang sering menjadi sasaran beberapa penjahat cyber. Untuk menghindari kejahatan cyber di dunia maya ada baiknya pengguna internet mengetahui tips aman saat internet. Tips aman ini untuk melindungi perangkat keras, perangkat lunak (Software/Aplikasi), user akun dan melindungi anak-anak dari situs berkonten dewasa.

Berikut dibawa kumpulan beberapa tips aman pengalaman dari saya agar bisa di terapkan :
  1. Password komputer dan file penting anda. Tujuannya menghindari hal jelek seperti pencurian, kehilangan, akses orang lain yang dapat mengambil isi file, password & melindungi privacy anda.
  2. Pasang antivirus di setiap perangkat anda baik komputer maupun smartphone dan tablet. Tujuan untuk menghindari hal jelek merusak data, pencurian data yang dilakukan oleh cyber. Gunakan Anti Virus yang memiliki proteksi real-time terhadap virus dan juga memiliki fitur firewall untuk melindungi malware saat berinternet.
  3. Gunakan browser yang sesuai dengan spesifikasi PC, Smartphone dan Tablet dan pastikan browser anda selalu up to date. Hindari pengguna plugin pada browser yang berlebihan karena terkadang bisa menjadi penyebab munculnya masalah pada perangkat anda saat tengah asyik berselancar di internet.
  4. Jangan pernah menyimpan seperti username, password, Scan KTP-Tagihan Listrik-Passport dan pin pada perangkat komputer lain teman/warnet/browser. Hapus dahulu data history, cookies pada browser setelah berinternet  di warnet dan  hapus data hasil scan di operator warnet. Tujuan ini jangan memberikan ruang untuk pihak ke tiga yang bisa akses data pribadi anda, menggunakan data privacy anda di internet atau bisa orang lain memakai data pribadi anda untuk tujuan yang tidak baik di internet
  5. Waspadai pesan atau email yang mencurigakan. Hindari berbagai tawaran yang tampak berlebihan seperti menangkan hadiah dan waspadai pengirimnya. Meskipun pesan tersebut tampak seolah-olah berasal dari seseorang atau sumber yang dapat dipercaya. Waspadai jangan mudah percaya kepada penawaran yang mengatas namakan perbankan atau akun prosesor online seperti  (Paypal,Payza, WebMoney,Nettler dan sejenisnya) yang dikirim via e-mail oleh pihak lain. Jangan langsung dibalas email tersebut dan jangan pernah memberikan informasi bila ada yang meminta anda menginformasikan ulang data pribadi lewat e-mail. Pastikan alamat URL web yang dikirim melalui email bukan web palsu, Perbankan dan prosesor pembayaran online tidak mungkin mengirim alamat URL mereka melalui jasa pihak ke-3 / Direct URL. Saya ada pengalaman dulu ada kiriman email salah satu prosesor pembayaran online (Libertyreserve) yang meminta untuk update password dan PIN setelah saya buka link tersebut ternyata tampilan web dibuat mirip tapi  setelah saya cek dengan teliti alamat URL palsu.
  6. Kelola email pesan anda dengan cermat pisahkan email spam dan email yang dikenal  atau diketahui reputasinya. Buat filter email masuk yang tidak anda kenal agar tidak masuk ke inbox email. Jangan pernah klik link dari alamat email yang tidak anda kenal bisa jadi anda akan diarahkan ke web yang sudah disiapkan virus, malware dan sejenisnya untuk menyerang komputer anda anda maupun browser anda. 
  7. Pastikan software keamanan Anda selalu diperbaharui. Keamanan software kini tersedia untuk semua jenis perangkat, baik itu smartphone, tablet ataupun PC. Pastikan Anda memiliki software keamanan terbaru pada perangkat Anda agar tetap terlindungi setiap saat.
  8. Jangan gunakan softaware Downloader dari situs file sharing manapun, Biasanya setiap akan download file di server anda akan diminta download software Downloader dari pihak server. Biasanya tool tersebut telah disisipi adanya adware yang disisipkan di tool tersebut. Jika ingin menggunakan software downloader dan download accelerator, pastikan kamu menggunakan software yang sudah terpercaya seperti IDM.
  9. Jauhkan toko aplikasi yang membayar dari jangkauan si anak. Biasanya si anak tidak tahu bahwa toko aplikasi yang digunakan adalah membayar. Bagi orang tua sebaiknya tidak menyimpan data rekening kartu kredit di toko aplikasi seperti Playstore, App store dll. Jangan sampai kartu kredit anda membengkak gara-gara ulah sia anak sendiri.
  1. Sebagai orang tua wajib melibatkan diri pada aktivitas anak di intenet. Pantau terus apa yang anak lakukan di dunia maya. Buatlah peraturan kepada anak  mana yang boleh  dan tidak boleh di internet. Berikan gambaran terburuk, lalu sepakati konsekuensi apa yang akan diterima anak bila melanggar.
  2. Ajarkan anak-anak untuk melindungi privasi dengan tidak memberikan data pribadinya dan keluarga kepada pihak luar. Hal ini untuk menghindari orang - orang yang tidak bertanggung jawab menggunakan data pribadi si anak atau keluarganya.
  3. Buatlah filter pada hasil mesin pencarian di internet. Ragam filter disediakan oleh mesin pencari seperti Google. Caranya buka situs www.google.com setelah itu pada pojok kanan atas google ada icon gerigi kemudian klik >> pilih filter penelusuran >> centak opsi filter hasil gamblang >> Klik gembok telusur aman, di sini anda akan diminta login ke akun google, Setelah Login klik Gembok Telusur Aman tunggu proses gembok sampai selesai. Untuk browser ada tools untuk filter konten, kata dan situs yang bisa anda blokir. Masuk saja ke Internet Options, lalu ke Content. Ini akan menyaring situs dari bahasa, seks, dan kekerasan.
  4. Atur waktu pemakaian internet pada anak. Birikan pengarahan pada anak kapan harus belajar, kapan harus bermain, kapan berinternet. Jadwal waktu internetnya harus berapa lama.
  5. Alihkan perhatian si anak dari penggunaan internet. Di internet si anak yang suka main game bisa di alihkan perhatiannya ke aplikasi game yang di sudah disediakan oleh diveloper. Aplikasi tersebut bisa anda intall tanpa perlu koneksi internet sehingga si anak tidak perlu akses internet. Pilihlah aplikasi yang bisa mendidik Seperti, soal edukasi bermain, film, musik, dan ilmu pengetahuan. Dengan ini, anak akan terarah dengan sendirinya.
Kesimpulan di atas :

Kumpulan tips aman dalam internet di atas adalah gambar saya saat ini. Tips di atas kiranya dapat memberi Anda sebuah gambaran umum tentang hal tersebut. Namun intinya, jika Anda ingin mendapatkan internet yang nyaman dan aman, Anda juga memiliki kewajiban moral untuk menjadikan internet sebagai ranah yang nyaman dan aman untuk ditelusuri setiap orang.

Subscribe to this Blog via Email :
Author commando98

Author:

Dalam Bekerja Harus Menantang Menantang Itu Harus Menyenangkan

Write comments