logo blog

2015-11-04T18:38:00+07:00

Menjalankan inetpub IIS dan XAMPP di Windows 7 64 bit

Menjalankan Inetpub IIS dan XAMPP di Windows 7 Sekaligus - Pada kesempatan kali saya ada sedikit memberitahukan mengenai server localhost yang menggunakan Inetpub IIS Windows 7 Professional. Beberapa hari ini saya lagi pengen mencoba belajar SQL Server.  Setelah mengikuti tutorial yang telah saya download sebelumnya, mulailah saya mengatur dan menginstall aplikasi yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan SQL Server. Yang pasti untuk menjalankannya dibutuhkan IIS (Internet Information Service). Setelah melakukan beberapa uji coba, semua berjalan lancar. Tapi lain cerita saya ingin menggunakan apliaksi berbasis web lain menggunakan php dan mau menginstal xampp.  Pada saat selesai instal xampp dan akan menjalakan aplikasi tiba tiba Apache pada Xampp tidak dapat berjalan dengan baik. Bagi sobat yang masih bingung kenapa Apache Xammp berhenti, Karena ternyata port 80 default Apache pada Xampp sudah digunakan oleh IIS. Sehingga port 80 tersebut bentrok antara service IIS dengan Apache. Satu-satunya jalan yaitu mengubah salah satu port service tersebut. Bagaima cara merubah port xampp agar dapat berjalan dengan baik di windows 7.

Tutup dulu aplikasi Xampp:

1. cari C:\xampp\apache\conf\httpd.conf Search for “Listen 80?, change to “Listen 8080?Search for “ServerName localhost:80?, change to “ServerName localhost:8080?C:\xampp\apache\conf\extra\httpd-ssl.confSearch for “Listen 443?, change to “Listen 4499?Search for “<VirtualHost _default_:443>”, change to “<VirtualHost _default_:4499>”Search for “ServerName localhost:443?, change to “ServerName localhost:4499?Then, you should be able to start Apache successfully through the XAMPP control panel.
nah, kita tinggal mengedit sedikit isi dari httpd.conf ini, buka pakai notepad lalu cari kata “Listen 80″ rubah menjadi “Listen 8080″

cari juga  “ServerName localhost:80″, rubah menjadi “ServerName localhost:8080″

2. Cari C:\xampp\apache\conf\extra\httpd-ssl.conf
edit juga menggunakan notepad, dan cari kata “Listen 443″ rubah menjadi “Listen 4499″

cari “<VirtualHost _default_:443>”, rubah menjadi “<VirtualHost _default_:4499>”

cari juga “ServerName localhost:443″, rubah menjadi “ServerName localhost:4499″

Selanjutnya, jalankan XAMPP klik start Apache dan Mysql. Jika berhasil saya ucapkan selamat untuk sobat berarti komputer sobat sudah terhubung  Xampp dan IIS. Silahkan sobat buka PHP MyAdmin lewat browser. Jangan gunakan cara biasa, tapi ketik http://localhost:8080/phpmyadmin/. Berhubung port yang digunakan sudah kita rubah, maka untuk memanggilnya tuliskan portnya.

Demikian Tips Menjalankan inetpub IIS dan XAMPP. Prakter di atas saya gunakan windows 7 64 bit dan berhasil berjalan normal keduanya.
Subscribe to this Blog via Email :
Author commando98

Author:

Dalam Bekerja Harus Menantang Menantang Itu Harus Menyenangkan

1 comments:

Write comments