logo blog

2016-12-11T16:33:00+07:00

Mengenal Tampilan Jendela Halaman Localhost PhpMyadmin Mysql

phpMyAdmin
phpMyAdmin adalah aplikasi berbasis web yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP digunakan sebagai pintu gerbang menangani administrasi basis database MYSQL. phpMyAdmin merupakan bagian untuk mengelola basis data MySQL yang ada di komputer yang dapat dijalaankan disemua platform desktop seperti windows dan linux. Untuk membuka halaman phpmyadmin sangat mudah syaratnya anda perlu menginstal perangkat lunak berbasis server seperti Xampp, AppServ dll.  Jika anda sudah menginstal Xampp atau AppServ sekarang buka browser anda bisa melalui Google Chrome, Mozilla ketikkan alamat http://localhost/phpmyadmin atau http://127.0.0.1/phpmyadmin/, maka akan muncul halaman halaman utama phpMyAdmin. Di halaman Localhost phpMyAdmin anda akan menemukan banyak fitur yang tersedia dan menarik untuk mengelola basis database Mysql.

Untuk pemula yang baru mulai mengenal phpmyadmin saya akan menerangkan tampilan jendela halaman localhost phpMyAdmin dibawah.

  1. Daftar nama database mysql, digambar diatas adalah default database yang ada di phpmyadmin jadi jangan dihapus tapi bisa di edit.
  2. Membuat nama database baru. Untuk menghubungkan aplikasi website agar terhubung dengan Mysql anda perlu membuat nama database baru.
  3. Basis Data kumpulan dari database Mysql. Pada halaman ini anda bisa melihat data statistik seperti jumlah tabel, ukuran size database yang sedang digunakan dll.
  4. SQL halaman untuk menjalankan perintah di basis database. Perintah database seperti insert,delete,update, repair dll.
  5. Status halam menampilkan informasi lalulintas jaringan dan statistik penggunaan. Di halaman ini akan mengetahui lalulintas berdasarkan statistik penggunaan database Mysql.
  6. User Accounts halaman mengatur mengenai username dan password untuk mengakses masuk halaman PhpmyAdmin
  7. Ekspor halaman digunakan untuk backup database dari server ke perangkat lain atau pindah drive .
  8. Import halaman digunakan untuk mengembalikan kembali database yang sudah dibackup dari perangkat lain ke server.
  9. Pengaturan halaman gunakan untuk reset pengaturan kembali ke default saat install pertama kali
  10. Replikasi halaman merupakan satu fitur server database mysql seandainya salah satu server mengalami down. Konfigurasi tersebut bisa berupa mode Master-Slave ataupun Master-Master
  11. Variabel halaman digunakan untuk pengaturan server
  12. Lainnya berisi tentang set karakter dan Mesin Penyimpanan yang tersedia di mysql.
  13. Server basis data memberikan informasi terkait versi server database
  14. Server web memberikan informasi terkait versi php dan versi perangkat lunak yang digunakan
  15. phpMyAdmin  memberikan informasi terkait versi phpmyadmin
  16. General settings Halaman yang digunakan untuk ubah password login akses halaman phpmyadmin  dan penyortiran koneksi server
  17. Appearance settings Halaman yang digunakan untuk merubah bahasa di halaman phpmyadmin
Demikianlah sedikit pengetahuan tentang tampilan jendela Halaman Localhost PhpMyadmin Mysql dan bagian-bagiannya. Apa saja kegunaan dan fungsi secara detail dan lengkap dari tiap-tiap bagian pada jendela phpMyadmin tersebut? Untuk lebih jelasnya akan dibahas satu per satu pada artikel-artikel selanjutnya. 
Subscribe to this Blog via Email :
Author commando98

Author:

Dalam Bekerja Harus Menantang Menantang Itu Harus Menyenangkan

3 comments

Write comments

September 15, 2018 at 11:25 PM
Kalah melulu main di agen lain?
mari coba disini Upd4te Bett1ng (7ACD8560)

Reply delete
avatar
renata halim
Admin

January 21, 2019 at 1:15 AM
Fansbetting aman dan terpercaya
buruan daftar, main dan menangkan
PIN BB : 5EE80AFE :)

Reply delete
avatar