logo blog

2014-08-31T00:32:00+07:00

Belajar Cara Membuat Blog Gratis

Blogger/Blogspot,
Belajar Cara Membuat Blog Gratis - Awal mula saya sendiri belajar blog gratis di platform wordpress tahun 2007 an. Kehadiran blog merupakan solusi marketing bagi semua orang yang tidak menguasi bahasa pemrograman web yang ingin mempromosikan jati dirinya. Banyak layanan platform blog gratis diluar yang bisa anda pakai seperti : Blogger/Blogspot, Wordpress, Jomla dan lain - lain. Sebelum memulai membuat blog saya jelaskan pengertian blog dulu ya, Blog singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting ) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Blog bisa digunakan sebagai media penghubung, antara si penulis dan pembaca, jadi si pembaca blog mengerti dengan maksud dan tujuan yang ditulis oleh penulis itu sendiri . Bisa juga menjadi penghubung antara si penjual dan pembeli dalam E-Bisnis E-comers.

Membuat blog sebenarnya tidak susah, yang susah justru mendatangkan visitor / pengunjung ke blog, kondisi ini juga sama dengan misal membuat website sendiri, semua pasti mengalami hal itu. Tidak ada jaminan bahwa dalam satu hari web/blog dikunjungi orang. Pembuat blog yang terpenting fokus, cermat, teliti, update trending topic saya menyakini akan ada visitor tiap hari.  Seperti yang saya tulis diatas banyak Platform blog gratis seperti Blogger/Blogspot, Wordpress, Jomla, Blogdetik , Blog-roll, Wordblog dan lain - lain. Namun kali ini saya akan membahas Cara Membuat Blog Gratis secara cepat dan mudah. Yaitu menggunakan layanan Platform Blogger/Blogspot. Kenapa Blogger ? karena Blogger merupakan  jasa layanan blog gratis terpopuler yang mempunyai ranking teratas Versi Alexa di atas kompetitor platform blog gratis yang lain. Blogger sendiri sudah diakusisi oleh Google pada tahun 2003. Langsung saja kita bahas cara membuat blog.

Langkah Pertama Membuat Blog di Blogger Adalah :

  1. Daftar email dulu, Gunakan layanan email Gmail. Kenapa Gmail ?? kita tahu sendiri Gmail merupakan layanan email gratis dari Google sama dengan Blogger dari Google. Langsung saja klik Daftar Gmail 
    Daftar Gmail
    Klik Creat An Account >> Isi data Form * Gunakan No Telepon Pribadi handpohone >> Lakukan verifikasi  Account Yang dikirim melalui pesan sms ke no telepone.
  2. Jika sudah berhasil membuat account Gmail, tahap selanjutnya proses membuat blog. Langsung saja buka tab baru di browser klik blogger.com. Masukan akun email dan sandi yang sama seperti di akun Gmail tadi. lalu klik Masuk.
    Gmail
  3. Jika login sudah berhasil, akan masuk ke Dashbord blog. Untuk bahasa blog sesuaikan kebutuhan, Jika anda mau cari uang lewat blogger dengan Google Adsense gunakan bahasa Inggris, Lihat Cara Daftar Google Adsense. Klik tombol New Blog atau Blog Baru lihat gambar dibawah.
    New Blog
  4. Nanti akan muncul Pop Up seperti gambar dibawah ini.
    Pop Up
    Ketik Judul Blog.
    Ketik Alamat Blog, Pastikan muncul tulisan alamat blog ini tersedia lihat gambar diatas yang sudah dilingkari.
    Pilih Template, Sesuaikan dengan karakter tampilan anda.
    Klik Buat Blog 

Bagaimana Menulis Artikel di Blog Blogger


    1. Setelah berhasil membuat Judul, Alamat blog di blogger sekarang bagaimana membuat artikel yang ingin dipostingkan di blog. Untuk membuat konten atau artikel di blog blogger masuk ke halaman Dashbord blog caranya lihat pada blog gambar dibawah.
      Dashbord blog
    2. Klik Judul Blog anda, pada gambar di atas judulnya Blog Commando.Setelah di klik akan muncul gambar seperti dibawah ini.
      New Post
    3. Klik Posts, Jika belum pernah posting artikel pilihnya New Post. Setelah di klik akan tampil seperti gambar dibawah ini.
      New Post.
      Buat posting artikel pertaman anda. Tulis Judul Artikel yang akan diibuat, Tulis Isi Artikelnya. Di sini anda seperti bekerja pada aplikasi MS Office sangat mudah mendesaign artikel menarik seperti jenis teks, berapa ukuran font, upload foto, membuat link dan lain - lain. Jika sudah selesai buat artikel, Priview hasil artikel anda klik Priview pada pojok kanan atas jika sudah puas Desaign artikelnya klik Save. Untuk tahap selajutnya seperti itu membuat artikel baru. Kalau mau edit artikel klik Posts pilih artikel yang akan di edit Klik Edit akan muncul seperti gambar di atas. Cara sama seperti membuat artikel baru selesai edit klik Save.

    Demikian di atas Belajar Cara Membuat Blog Gratis menggunakan Blogger, Semoga bermanfaat untuk anda semua.

    Baca Artikel dibawah Terkait Blog - Blogger :
    Subscribe to this Blog via Email :
    Author commando98

    Author:

    Dalam Bekerja Harus Menantang Menantang Itu Harus Menyenangkan

    2 comments

    Write comments

    Anonymous
    Admin

    November 23, 2014 at 5:32 AM
    Sedikit tambahan dari saya, bagaiimana mengganti temlate blogger. karena kebanyakan newbie seperti saya kadan banyak mengalami kegagalan dalam mengganti teplte blog.
    bisa diihat di
    http://tasikpedia.blogspot.com/2014/11/cara-yang-sangat-tepat-mengganti.html
    makasih

    Reply delete
    avatar
    Unknown
    Admin

    November 29, 2014 at 11:27 AM
    Ganti template buatan sendiri atau bawaan blogger, kalau template sendiri memang butuh ketelitian memahami script. kalau bawaan blogger masuk akun blogger >> pilih menu template

    Reply delete
    avatar