logo blog

2016-03-27T09:31:00+07:00

Daftar Nama Istilah Seputar Internet dan Web

Daftar nama Istilah Seputar Internet dan Web adalah uraian singkat beberapa nama istilah yang sering dipakai atau kita jumpai ketika berinteraksi dengan internet. Banyak orang yang masih belum mengetahui penjelasan istilah nama - nama yang akan saya share di blog ini. Langsung saja berikut beberapa nama istilah penting seputar dunia internet dan web : 
PHP atau Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk programer untuk membuat website dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS atau Content Management System.
CSS atau Cascading Style Sheets adalah Bahasa yang direkomendasikan W3C (World Wide Web Consortium) untuk mendefiniskan style font warna teks dan lain-lain pada dokumen web. Kegunaanya lainnya untuk juga bisa mengatur tata letak halaman yang ada di web sehingga lebih menarik tampilan websitenya.
Content adalah Isi halaman sebuah website yang mencakup, teks, gambar, atau media-media lainnya.
URL atau Uniform Resource Locator adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet .
Address bar  adalah Wadah tempat penginputan nama domain atau alamat -alamat web lainnya pada browser web, Letaknya paling atas di browser.
Browser atau Web browser adalah aplikasi software yang digunakan untuk menelusuri dan menampilkan informasi dari web server. Nama Browser terkenal yang sering dipakai oleh netizen seperti Internet Explorer, Opera, Mozilla Firefox, dan Safari.
Bandwidth adalah Istilah yang digunakan untuk mengukur kecepatan jumlah data yang dikirimkan melalui koneksi internet.
Blog adalah Layanan di web yang digunakan untuk menulis jurnal yang biasanya diupdate harian atau mingguan. Blog umumnya biasanya digunakan secara gratis. Bagi yang suka menulis artikel atau cerita, maka blog bisa digunakan sebagai sarana kreatifitas memposting tulisan-tulisan tentang berbagai topik yang membuat orang lain menarik untuk membaca isi artikel blog.
Download adalah Transfer file atau informasi dari komputer lain ke komputer kita. Dalam istilah web, download berarti transfer file dari server web ke klien web.
Domain adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah alamat komputer.
FAQ atau Frequently Asked Questions adalah Pertanyaan yang sering diajukan, FAQ merupakan salah satu feature website yang menyajikan daftar jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan berkaitan dengan layanan atau penggunaan informasi yang disajikan oleh website tersebut. Membaca FAQ sangat dianjurkan sebelum Anda menelusuri lebih jauh halaman-halaman sebuah web untuk mendapatkan gambaran umum website tersebut.
FTP  atau file Transfer Protocol adalah protokol yang memungkinkan seseorang mentransfer file dari satu komputer ke komputer lainnya. FTP biasa digunakan untuk menransfer file web kita ke komputer server atau penyedia hosting.
Favicon adalah Favicon atau Favorites Icon adalah logo grafik yang berukuran kecil yang dihubungkan dengan sebuah web. Favicon biasa diletakkan di belakang nama domain sebuah website pada addres bar. File icon ini biasanya berekstensi “.ico”.
HTML atau HyperText Markup Language adalah HTML merupakan bahasa yang digunakan untuk mendefinisikan sejumlah bagian dari sebuah dokumen web dalam bentuk tag, sehingga browser dapat mengetaui bagaimana menampilkan dokumen web tersebut yang mencakup, link, text, gambar dan media-media lainnya seperti video dan audio.
HTTP atau Hypertext Transfer Protocol adalah aturan-aturan yang digunakan untuk menghubungkan dan mengirimkan dokumen-dokumen hypertext seperti web. Hyperlink: Tanda atau penunjuk ke dokumen lain webnHyperlink sinonim dengan hotlink, anchortext, atau link. Hypertext: Dalam dunia web, hypertext adalah teks yang bisa di-klik.
IP atau Internet Protocol adalah Protokol yang digunakan untuk mengirim data dalam sebuah jaringan, terutama pada jaringan internet. IP berbentuk bilangan yang terdiri dari empat angka yang dipisahkan dengan titik. Angka-angka tersebut dapat diterjemahkan menjadi nama domain.
Link adalah Koneksi hypertext antar halaman-halaman web. Sinonim dengan hotlink atau hyperlink.
Meta Data adalah Meta data adalah data di atas data. Meta data merupakan informasi tentang sebuah web yang sedang aktif. Umumnya digunakan dalam hubungannya dengan optimasi search engine (SEO). Dalam dokumen HTML, meta data umumnya diletakkan setelah tag <head> <Meta  ...... >  ditutup dengan </head> . Pada saat orang lain melakukan pencarian website di mesin pencari seperti google, yahoo dan lain - lain maka hasil pencarian sebuah search engine (SERP), meta data akan menyediakan ulasan singkat tentang web yang ditampilkan tersebut.
Upload adalah Kegiatan mentransfer atau mengirim suatu file ke komputer lain.
Download adalah Kegiatan mengunduh atau mengambil data dokument dari komputer server ke client.
Search engine adalah Sejenis program yang digunakan untuk mencari dokumen-dokumen di website yang terhubung dengan internet berdasarkan kata kunci yang dimasukkan. Search engine yang paling populer saat ini adalah Google dan Yahoo.
Site adalah Sinonim dengan halaman web atau website. Dalam bahasa Indonesia, kita sering menyebutnya situs atau situs web.
Surfing adalah Kegiatan menelusuri dan mencari informasi dalam internet melalui layanan web
Website (web site) adalah Sekumpulan halaman- halaman web (web page), gambar, video atau aset-aset digital lainnya yang disimpan pada satu atau lebih web server, biasanya dapat diakses melalui internet.
Webmaster adalah Seseorang yang melakukan kegiatan manajeman website untuk memastikan bahwa website tersebut dapat berfungsi dengan baik.
Web Page adalah Dokumen HTML yang bisa diakses melalui internet.
World Wide Web adalah Atau dikenal juga dengan istilah WWW atau W3 adalah layanan internet berbasis hiperteks yang digunakan untuk menelusuri sumber-sumber di internet.
Web server adalah komputer yang dilengkapi dengan software dan fasilitas-fasilitas lainnya untuk mengirimkan halaman-
halaman web di internet
Wiki adalah Website yang yang disusun oleh para pembacanya. Para pembaca dipersilahkan untuk mengedit halaman manapun untuk membuat isinya lebih lengkap dan valid. Contoh website jenis ini adalah Wikipedia.
Subscribe to this Blog via Email :
Author commando98

Author:

Dalam Bekerja Harus Menantang Menantang Itu Harus Menyenangkan

1 comments:

Write comments

November 14, 2017 at 9:47 AM
nambah ilmu dan wawasan mengenai internet artikelnya ini min...
solder infrared

Reply delete
avatar